Trik Ampuh Kalibrasi Baterai Supaya 10 Kali Lebih Tahan Lama

Trik Ampuh Kalibrasi Baterai Supaya 10 Kali Lebih Tahan Lama


Pernah dengar kata kalibrasi baterai?? ya, memang cara seperti ini sangat banyak digunakan oleh pengguna android untuk meningkatkan performa daya tahan baterai supaya menjadi optimal serta menekan kinerja baterai agar dapat tahan lama. Pada postingan kali ini Zee Droid akan memberikan anda sebuah penjelasan sekaligus tutorial untuk melakukan kalibrasi baterai android yang membuat baterai android semakin mantab untuk digunakan berlama - lamaan.

Baca Juga :




Untuk melakukan kalibrasi pada baterai sendiri cukup bervariasi caranya, bisa melalui cara manual,melalui via aplikasi, dan lain lain. Akan kami bahas satu persatu supaya anda mengerti, sekaligus dapat mempraktekan caranya pada android anda.

Apa Sih Kalibrasi Baterai Itu??

Hmm, oke jadi pertanyaan pertama yang muncul dibenak anda ketika melihat postingan ini mungkin apa sih kalibrasi baterai itu?? efeknya apa?? dan lain lain. Okelah, akan kami jelaskan.

Ya, jadi kalibrasi baterai itu semacam trik atau cara yang memungkinkan perangkat android kita mengkalibrasikan atau mecocokan ulang persentase yang ada sesuai dengan kemampuan baterai. Jadi gini men, perangkat android jika dipakai lama kelamaan tentunya prefensi baterainya juga akan menurun, seperti presentase baterai.

Anda bisa melihat presentasi baterai pada Pengaturan, pilih daya baterai, kemudian lihat pada statistik.
Berikut adalah gambar dari statistik baterai saya



Tunggu dulu, diatas menjelaskan tentang presentase baterai, nah untuk perangkat android sendiri yang belum terkalibrasi baterainya, disinilah letak masalahnya.

Misalkan statistik baterai menunjukan daya baterai turun 20% saat digunakan 10 menit, padahal daya baterai sesungguhnya yang ada hanya turun 5% saja, sehingga anda akan cepat - cepat mencharge perangkat android tersebut, karena takut kehabisan baterai. Jadi kita disini akan memperbaiki statistik baterai yang salah,sudah paham belum?? baguslah kalau dikit - dikit dah rada ngerti. 

Hanya Memperbaiki Statistik Baterai Yang Salah Saja??

Jangan salah men, dengan cara ini terbukti penggunaan baterai admin lebih irit dan top ketimbang sebelumnya, bayangkan, admin menggunakan hp (Xiaomi Redmi Note 2) bermain game COC selama 15 menit non stop hanya berkurang 1% saja!!! biasanya berkurang hinggal 15%

Ketimbang banyak komen, mending coba aja deh cara yang kami berikan, apa salahnya sih mencoba?? oke lanjut ya, simak postingan ini.


Bagaimana Cara Mengkalibrasikan Baterai??

Nah, sekrang kita sampai ke point utama dari postingan ini nih, yaitu gimana sih caranya buat kalibrasi baterai?? oke, sebelumnya untuk mengkalibrasikan baterai itu ada 2 cara, yaitu :
  • Manual
  • Via App
Kita bahas satu persatu ya, karena memang masing masing dari cara ini memiliki plus minusnya tersendiri.

Cara Manual

Cara ini tidak membutuhkan aplikasi ataupun alat apapun untuk mengkalibrasi, namun hanya butuh kesabaran saja.

1. Charge android anda sampai benar - benar penuh dalam keadaan menyala
2. Pastikan sudah terisi sampai penuh, kemudian cabut charger
3. Matikan perangkat android anda
4. Charge lagi, dan tunggu sampai benar benar penuh.
5. Jika sudah penuh, nyalakan perangkat android anda
6. Gunakan android anda sampai baterainya habis (sampai mati sendiri karena kehabisan baterai)
7. Jika ponsel sudah mati, charge sampai penuh, benar - benar penuh.
8. Android anda sudah terkalibrasi baterainya!! selamatt!

Via Aplikasi

Cara ini hampir sama dengan yang pertama, hanya saja kita menggunakan bantuan aplikasi kalibrasi baterai. Sebelumnya silahkan download aplikasi Battery Calibration (Root) di Play Store terlebih dahulu. Link Play Store

1. Charge android anda sampai benar - benar penuh dalam keadaan menyala
2. Buka aplikasi yang sudah didownload (keadaan ponsel masih dalam di charge)
3. Pilih pada Calibrate

Trik Ampuh Kalibrasi Baterai Supaya 10 Kali Lebih Tahan Lama

4. Jika proses sudah selesai, cabut charge
5. Gunaka ponsel anda hingga baterai habis dan mati sendiri
6. Charge sampai benar - benar penuh
7. Selamat baterai sudah dikalibrasi

Memang menurut admin sih mending pakai yang cara kedua, tapi android harus sudah di root, tapi yah, intinya sama saja kok.

Baiklah, silahkan kalian ikuti cara diatas, pesan dari saya yang sangat perlu diingat adalah jangan melakukan cara ini terlalu sering, cukup lakukan setiap beberapa bulan sekali, karena cara ini tidak baik jika dilakukan berulang ulang, terutama ketika menggunakan baterai sampai mati.

Berikut adalah bukti screenshots dari penggunaan baterai admin setelah melakukan proses kalibrasi

Trik Ampuh Kalibrasi Baterai Supaya 10 Kali Lebih Tahan Lama